Sabtu, 05 Mei 2012

Kayu Manis, semanis Manfaatnya :3

Assalamualaikum ;;) salam sejahtera bagi yang beragama lain, hehe :)
Balik lagi nih dengan postingan yang insyallah bermanfaat, amin.

Jeng jeng jeng……

KAYU MANIS!



Kenapa harus kayu manis? Kenapa gak yang lainnya aja? Jadi gini, tau fim kartun Blues Clues kan? Yang anjing warna biru itu lhooo :3 dia punya 1 keluarga yang berisi steve si manusia, dan keluarga yang di dapur yang bernama Pak Garam dan Bu Merica. Nah, mereka punya anak, namanya Kayu Manis. Kece kan? Kenapa harus kayu manis? Karena aku suka sama kayu manis di Blues Clues ini. Imut. Mungil gitu deh.Oke, fokus langsung ke kayu manis dalam kehidupan nyata dong yaa. Btw, kayu manis itu yang ditengah.




Kulit manis atau lebih dikenal dengan nama kayu manis (Cinnamomum verum, synonym C. zeylanicum) adalah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah ke dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Menurut pakar obat-obatan herbal, Prof Hembing Wijayakusuma, kayu manis memiliki banyak khasiat obat. Di antaranya, obat asam urat, obat tekanan darah tinggi (hipertensi), obat radang lambung atau maag (gastritis), tidak nafsu makan, sakit kepala (vertigo), masuk angin, perut kembung, diare, muntah-muntah, hernia, susah buang air besar, sariawan, asma, sakit kuning, dan lain-lain.  Sedangkan untuk obat asam urat, ramuannya : sebanyak 1 ibu jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 200 gram ubi jalar merah, 10 butir merica, 15 gram jahe merah, direbus dengan 1.500 cc air hingga tersisa 500 cc. Ramuan kemudian didinginkan dan disaring lalu ditambahkan 200 cc susu cair dan diminum. Sementara ubinya yang ikut direbus dimakan. Resep obat asam urat lainnya : 1 ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 4 lembar daun cocor / sosor bebek, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air rebusan didinginkan, disaring dan diminum deh.


Kalo buat mengatasi tekanan darah tinggi : 2 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 10 gram kencur, 15 gram daun sena, dan 20 gram daun saga direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc. Rebusan disaring dan diminum selagi hangat. Resep lainnya : 1 jari kulit kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram seledri, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya kemudian diddisaring dan diminum hangat-hangat. Obat maag : 10 gram kayu manis direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc, lalu disaring dan diminum selagi hangat. Obat sakit kepala : 10 gram kayu manis, 3 butir cengkih, 5 gram biji pala, 5 gram merica, 10 gram jahe, ditumbuk hingga menjadi bubuk. Lalu diseduh dengan air secukupnya, disaring, dan diminum secara teratur. Mengatasi masuk angin dan perut kembung : 5 gram kayu manis, 10 gram jahe, 5 butir cengkih, 5 gram pulasari, 5 gram adas, 5 gram biji pala, dan gula aren secukupnya, direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc. Kemudian disaring dan diminum selagi hangat sebanyak 150 cc. Lakukan tiga kali sehari. Obat diare : 5 gram kayu manis, 5 lembar daun jambu biji, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Air disaring dan ditambahkan gula secukupnya, kemudian diminum 150 cc sebanyak dua kali sehari. Hebat kan? Obat alami lhooo, hehe. Kayu manis ini teman baik madu, jadi biasanya dikonsumsi bersama madu ;;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar