Sabtu, 05 Mei 2012

Gamelan, Musik Tradisional Indonesia



Hai! Assalamualaikum dan salam sejahtera bagi yang beragama lain. Kembali lagi nih, jangan bosen yaa ;;) Aku balik mau bahas musik tradisional asli Indonesia, GAMELAN. Wooo keren dong, pasti ;;) Kenapa kok aku mau bahas gamelan? Kalian pasti udah bertanya-tanya dalam hati kan? :’) nggak? Yaudah-_- Jadi, aku mau posting sesuatu yang berguna, dan menurutku alat music gamelan penting, soalnya kan kebudayaan Indonesia, makanya penting buat dikenal, dijaga, dan dilestarikan.  Gamelan ini salah satu alat musik asli Indonesia lho. ASELI. ASLI._. Gamelan adalah ensembel musik yang biasanya menonjolkan metalofon, gambang, gendang, dan gong. Istilah gamelan merujuk pada instrumennya / alatnya, yang mana merupakan satu kesatuan utuh yang diwujudkan dan dibunyikan bersama. 


Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa gamel yang berarti memukul / menabuh, diikuti akhiran an yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk ensembel. Di Bali dan Lombok saat ini, dan di Jawa lewat abad ke-18, istilah gong lebih dianggap sinonim dengan gamelan. Kemunculan gamelan didahului dengan budaya Hindu-Budha yang mendominasi Indonesia pada awal masa pencatatan sejarah, yang juga mewakili seni asli indonesia. Gambaran tentang alat musik ensembel pertama ditemukan di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah, yang telah berdiri sejak abad ke-8. 


Alat musik semisal suling bambu, lonceng, kendhang dalam berbagai ukuran, kecapi, alat musik berdawai yang digesek dan dipetik, ditemukan dalam relief tersebut. Namun, sedikit ditemukan elemen alat musik logamnya. Penalaan dan pembuatan orkes gamelan adalah suatu proses yang kompleks. Gamelan menggunakan empat cara penalaan, yaitu sléndro, pélog, "Degung" (khusus daerah Sunda, atau Jawa Barat), dan "madenda" (juga dikenal sebagai diatonis, sama seperti skala minor asli yang banyak dipakai di Eropa.
Namun saat ini gamelan masih digunakan pada acara-acara resmi seperti pernikahan, syukuran, dan lain-lain. Padahal, sangat penting buat kita sebagai bangsa Indonesia buat mengenal budaya kita sendiri, ya kan? :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar